Latest News

Sudahkah Anda Ikhlas?

Ikhlas

Dalam menjalani hidup kehidupan, masalah pasti selalu ada, entah mereka miskin, kaya, tampan, jelek, dan sebagainya. Masalah tak mengenal status ataupun fisik seseorang tapi lebih dari itu semua, masalah hinggap pada mereka yang masih dapat menghirup oksigen yang ada di dunia ini. Level masalah seseorang tergantung pada seberapa kuat ia mampu menghadapinya karena Allah pun tak pernah membebankan suatu masalah melebihi batas kemampuan hambanya.
Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa kita sebagai manusia masih saja mengeluh ketika diberi masalah, ditambah lagi seolah penderitaan kita lebih berat dibandingkan orang lain ketika kita melihat orang lain lebih bahagia dan lebih survive  menjalani kehidupan ini. Rupanya kita telah lupa bahwasannya kita hidup di dunia ini tak pernah lepas dari yang namanya masalah. Meski orang yang ada di sekitar kita terlihat lebih bahagia dari kita, bukan berarti mereka memiliki masalah yang lebih ringan dari kita. Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka menyembunyikan segala bentuk masalahnya di balik kebahagiaannya. Dan itulah salah satu contoh pribadi luar biasa yang disukai Allah SWT. Senantiasa tersenyum meski masalah ada di pundaknya yang menjadi beban hidupnya.
Pertanyaan selanjutnya adalah, sudahkah kita ikhlas pada apa yang telah Allah berikan pada kita? Sudahkah kita bersyukur pada apa yang telah Allah berikan kepada kita? Apakah benar masalah kita jauh lebih berat dibandingkan mereka? Lantas bagaimana dengan Rasulullah yang yatim piatu ketika masih kecil, lantas bagaimana dengan nasib anak jalanan yang mungkin mereka dipandang rendah oleh kita? Dan sebagainya. Jika ada yang mengelaknya dengan mengatakan “Kita bukan Rasul, dan kita bukan Gelandangan, iman dan mental kita tak sekuat mereka…”. Hmm… Inilah salah satu penghambat terbesar kita untuk maju yaitu ketika kita sudah beralasan untuk menjadi benar. Kita merasa biasa melakukan sebuah kesalahan karena kita memiliki alasan yang dapat diterima secara logika…
Wallahu a’lam bish shawab…

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.