Latest News

PMDK 2 labolatorium geospasial Ugm, pesisir parang tritis Yogyakarta 21-23 Februari 2014

Peserta dan Panitia PMDK 2

PMDK 2 atau pelatihan manajemen dasar keukmian 2 merupakan pelatihan lanjutan dari PMDK 1 yang sebelumnya telah diadakan. PMDK 2 kali ini diadakan di labolatorium geospasial UGM di Gunung Kidul Yogyakarta pada tanggall 21-23 Februari 2014. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 anggota muda UKMI JNI yang telah melakukan PMDK 1, mengusung tema “sang penerus dakwah peradaban Islam” diharapkan Peserta dapat menjadi agent penerus dakwah untuk kemajuan agama Islam dibumi pertiwi Indonesia yang kita cintai ini. 
Kegiatan diawali dengan pembukaan di masjid kampus Instiper dengan sambutan dan pesan dari Bapak Darul Falah selaku Pembina UKMI JNI. Selanjutnya dengan menaiki truk pasir, dengan penuh semangat para peserta menuju ke gunung kidul. Perjalanan berlangsung sekitar 2 jam, sembari berjalan peserta menikmati pemandangan kiri kanan jalan jalanan Yogyakarta, gedung gedung, sawah, pohon, gunung bertebaran dimana mana. Tak terasa sembari berbincang bincang mengakrabkan diri sesame anggota ukmi, akhirnya truk sampai juga di tempat PMDK 2. Selanjutnya peserta merapikan barang barangnya ketempat yang telah ditentukan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kegiatan yang telah diagendakan oleh panitiia yang berupa materi materi dan kegiatan kagiatan lainnya. Kegiatan PMDK 2 ini diisi dengan materi materi yang berkaitan tentang manajemen organisasi dan manajemen dakwah yang sangat diperlukan ketika kelak menjadi pengurus UKMI JNI. Kegiatan ini diisi dengan berbagai macam agenda yaitu Tanya jawab, diskusi, kuis dan sebagainya. Diharapkan dengan materi seperti ini para peserta dapat menjadi kader yang termanaje baik dari dalam dirinya sendiri maupun dalam bertindak dan berorganisasi serta dalam berdakwah sehingga dapat menjadi kader penerus dakwah peradaban Islam yang istiqomah dan militan. 
Peserta sedang diskusi

Kegiatan lain yang tak kalah asyiknya yaitu kompetisi sepak bola mini antar kelompok, meski tidak mendapatkan hadiah pertandingan sepakbola ini sangat seru, selain untuk mengasah kerja sama sepak bola juga baik untuk kesehatan. Ya bukan kah Muslim yang kuat lebih disukai… Selanjutnya agenda yang paling dinanti adalah kegiatan rihlah, atau wisata dipantai depok. Agenda ini dimulai ketika tengah malam atau dini hari, peserta yang sedang asyik asyiknya tidur dibangunkan satu persatu dan ditutup matannya menggunakan slayer, kemudian peserta diarahkan untuk berjalan mengikuti arahan dari panitia. Peserta kemudian di Uji nyalinya dengan berjalan melewati hutan pohon resede, sendirian tengah malam dengan berbagai macam gangguan dari panitia maupun suasana malam yang menyeramkan, kegiatan ini bertujuan untuk menguji keberanian peserta. Peserta diarahkan untuk berjalan mengikuti cahaya dari lampu lilin, disetiap lilin ada catatan tugas yang harus dibaca dan dikerjakan peserta. Uji nyali ini dilakukan bergantian hingga subuh hari sampai pagi, peserta solat subuh dijalan aspal luas yang merupakan lintasan pesawat latihan. Pagi itu cuaca tampak tak bersahabat, hujan rintik rintik mengiringi kegiatan PMDK 2. Namun dibalik gerimis ada keindahan, tampak jelas disebelah timur lingkaran pelangi beraneka warna menemani acara out bond peserta. Pagi itu peserta sarapan pagi dilantai aspal yang basah. 
Kegiatan selanjutnya adalah bersih bersih pantai, peserta yang sudah tampak lelah dan agak terkantuk kantuk tampak berduyun duyun menuju pantai dan mengais sampah sampah plastic yang berserakan di sekitar pantai, mengumpulkannya ditepian menjadi satu. Ini merupakan salah satu perwujudan dari UKMI JNI yang cinta lingkungan. Acara selanjutnya adalah game, peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang berkompetisi dalam setiap permainan. Setiap kelompok ada 8 anggota yang dibagi menjadi dua kelompok yang saling berkompetisi disetiap pos. Ada pos memindahkan botol dengan tali raffia, ada pos baris berbaris, ada pos mengesot, ada pos memindahkan air dan masih banyak lagi, setiap permainann memerlukan kerja sama team yang kompak. 
Game di Pantai

Akhirnya acara dipantai ditutup dengan perang, saling lempar dengan air laut. Pertandingan yang sangat seru, disini peserta dituntut untuk kompak dan memiliki strategi jitu serta lincah dalam bergerak agar tidak basah terkena lemparan air laut yang asin. Para peserta tampak bersuka ria dan saling menjatuhkan di air laut. Waktu menunjukkan pukul 11 wib maka para peserta diharuskan untuk kembali ke gedung PMDK 2. Dan selanjutnya peserta melakukan kemas kemas untuk persiapan kembali ke kampus Instiper. Kegiatan PMDK 2 ditutup dengan pentutupan oleh Hendra Pranata Ketua UKMI JNI, diharapkan setelah PMDK 2 ini para peserta nantinya akan menjadi pengurus pengurus UKMI JNI yang baru.

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.