Latest News

MUNAS IV IMMPERTI 2014

IMMPERTI (Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia) merupakan organisasi tingkat nasional yang bergerak di bidang pertanian. organisasi ini didirikan pada tanggal 30 Nopember 2008 atau 29 Dzulhijah 1429 H yang di sahkan di kampus UNS (Universitas Sebelas Maret) pada saat bersamaan dengan seminar ketahanan pangan Nasional.  pada awal berdirinya IMMPERTI keangggotaannya masih sedikit diantaranya ada 6 kampus yang bergabung (UB, UNS, UGM, UNSRI, UNSOED, dan IPB). perkembangan organisasi ini berkembang secara signifikan, hingga munas IV yang di selenggarakan pada tanggal 5-9 maret 2014 di Kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) keanngotaannya ada  83 Kampus pertanian yang ada di seluruh Indonesia.
CIMG4736
Peserta hadir munas IV sebanyak 27 kampus. Tujuan dakwah IMMPERTI yaitu membentuk masyarakat pertanian Indonesia yang islami, bermartabat dan bermanfaat serta membentuk mahasiswa muslim pertanian Indonesia yang mencirikan intelektualitas dan profesionalitas yang memiliki komitmen dalam menghadapi dakwah profesi. Kampus INSTIPER menjadi anggota sejak munas ke III yang di selenggarakan di UNILA (Universitas Negri Lampung) Lembaga Dakwah Kampus Instiper yang di bawahi oleh UKMI-JNI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Jama’ah Nurul Iman) ikut andil dalam proses perkembangan dan mensukseskan program kerja yang direncanakan ketika Rakernas ataupun rakerwil ketika periode kepengurusan sehingga terlihat hasil yang di capai pada saat pemaparan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) ketika Musyawarah Nasional pada maret 2014.  Visi IMMPERTI yaitu  Membangun Forum Komunikasi dan mempererat ukhuwah islamiyah antar mahasiswa muslim pertanian Indonesia Menuju Masyarakat Pertanian Indonesia yang Islami, Bermartabat, dan Bermanfaat.
         keanggotaan IMMPERTI terbagi menjadi 7 wilayah berdasarkan letak suatu kampus, LDK/LDF UKMI-JNI masuk dalam Wilayah IV (Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Madura) Hasil Munas IV memutuskan
1. Pengurus BPP IMMPERTI 2014-2016 adalah Universitas Andalas
2. Pengurus BPW IMMPERTI 2014-2016 BPW I adalah Universitas Syah Kuala
BPW II adalah Universitas Negeri Lampung
BPW III adalah Institut Pertanian Bogor
BPW IV adalah Universitas Brawijaya
BPW V adalah Universitas Hasanudin
BPW VI adalah Universitas Tanjung Pura
BPW VII adalah Universitas Mataram


CIMG4390      Musyawarah selanjutnya yaitu Rakernas (Rapat Kerja Nasional) yang insyaAllah akan dilaksanakan 20-24 Agustus 2014 di kampus ANDALAS dan acara Musyawarah Nasional yang ke-V  IMMPERTI akan dilaksanakan di Universitas Syah Kuala Banda Aceh yang insyaalah akan dilaksanakan pada bulan maret-april 2016.

Agenda Munas 1v IMMPERTI 2014 antara lain :
1. Orientasi Kenal Kampus : kegiatannya yaitu seluruh peserta Munas di perkenankan untuk memperkenalkan kampusnya masing-masing sampai dengan penampilan pentas seni kreativitas yang tujuannya mengenal karakter dari masing2 peserta. selain itu ada Touring ke berbagai fakultas yang ada di IPB.
2. Bazzar Buku : tersimpan sangat berkesan saat mengikuti bazzar buku yang di selenggarakan oleh departemen FKRD (Forum Komunikasi Rohis Departement) buku yang ditampilkan beraneka macam antaranya buku-buku pertanian dan buku-buku sekitar nuansa islam. selain buku ada juga pakaian kemuslimahan dan sejumlah penjual makanan yang lezaat buanget.
3. Musyawarah Nasional IV IMMPERTI 2014 : Musyawarah ini bukan untuk mengadu ketangkasan dalam berargumen ataupun kepandaian dari masing-masing kampus seluruh Indonesia, tetapi untuk menghasilkan throughput yang nantinya pertanian di Indonesia ini bemberikan kesejahteraan bagi petaninya melalui ide-ide kreatif mahasiswa (agent of change).
4. Semiar Peran Islam dalam menopang Pertanian Indonesia : pada dasarnya peran seseorang muslim sangat ideal untuk ikut andil dalam membantu pertanian Indonesia. karna mayoritas bangsa ini penduduknya adalah beragama muslim. namun sayangnya pertanian di Indonesia belum sepenuhnya menggantungkan hidupnya kepada sang Pencipta bumi ini, masih banyak akidah yang harus di luruskan agar Akidah Islam tidak di campur adukan dengan berbagai aspek yang dapat menjerumuskan umat ke jalan yang sesat. Huallahu a’lam bisshawab
5. Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Pertanian : sebagai salah satu organisasi yang mengatasnamakan pertanian tentunya tidak lupa akan hal-hal yang mencangkup budidaya pertanian ataupun produk yang dihasilkannya. dalam acara ini peserta langsung terjun ke masyarakat untuk berlatih membudidayakan pertanian yang ada di salah satu pedesaan bogor. antara lain budidaya umbi jalar dan jambu kristal serta pengolahan dan pemasaraannya.
Kami selalu ada untuk IMMPERTI
CIMG4752
Bersambung…

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.