Latest News

Menambah Ilmu dengan Mabit


Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus Jamaah Nurul Iman  (UKMI JNI) menggelar malam bina iman dan taqwa (Mabit) bersama di hari Jumat, 17 April 2015. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan amal ibadah di kalangan mahasiswa INSTIPER. Beberapa peserta datang dari kampus lain yang turut meramaikan acara ini. Mereka yang hadir sangat antusias dan semangat membara untuk menambah ilmu yang nantinya bisa diterapkan dalam dakwah ini.

Acara dimulai tepat jam menunjukkan pukul 20.00 di Masjid Nurul Iman. Sederetan acara dimulai dari pembukaan sampai penutup plus do'a supaya acara berlangsung dengan hikmat dan sukses. Nuansa ukhuwah pun sangat terjalin kuat antara peserta yang mengikuti acara ini. Acara pembukaan dibawa oleh MC Joko Subono (12) yang berjalan lancar tanpa ada kendala. Setelah pembukaan selesai dimulailah acara kajian.

Pada materi ini membahas mengenai "Berdoa pada Waktu-waktu Mustajab" yang disajikan oleh Ustad Abdullah Sunono, SPdi, MPdi. Beliau adalah dosen bahasa Arab UII. Beliau memaparkan  bahwasanya kita dalam berdoa tentu ada adab-adabnya seperti bersuara yang lirih dan tidak tergesa-gesa. Selain mengetahui adabnya tentu akan lebih baik jika mengetahui kapan saja waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Beliau menjelaskan ada beberapa diantaranya 1/3 malam terakhir, 2 sujud terakhir, antara azan dan iqomah saat turunya hujan dan lain-lain. Ia juga menuturkan bahwasanya kita sebagai seorang muslim jangan pernah mendoakan keburukan pada muslim lainya, apalagi jika saat kita berdoa diwaktu yang diijabah seperti yang diatas. Sebaiknya dalam berdoa tentu kita memohon kepada Allah yang terbaik untuk saudara kita. Ini akan memberikan pahala bagi kita.

Setelah kajian selesai, para peserta Mabit disuguhkan makanan ringan. Peserta pun menikmati makanan yang disuguhkan. Sambil bercerita tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB. Untuk menghilangkan lelah setelah beraktivitas seharian peserta pun dipersilahkan untuk tidur, supaya nanti shalat tahajjudnya tidak terlambat. Namun sebelum tidur peserta mendapat amanah untuk menghafal QS. Al-Bayyinah dan tilawah QS. Al-Baqarah jus 1.


Pada hari Sabtu dini hari, acara diawali dengan shalat tahajjud kemudian dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah. Setelah sholat shubuh dilanjutkan dengan membaca doa pagi dan sore hari yaitu Al-matsurat. Pada penghujung acara peserta pun bersalam-salaman sebagai tanda perpisahan. 

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.