Latest News

Menjadi Orang kaya

 Rasulullah saw pernah menjelaskan bahwa tubuh kita terdiri atas 360 ruas tulang yang harus disedekahi setiap harinya. Mendengar penjelasan beliau, para sahabat pun bertanya, “Siapa yang kuat melaksanakan itu, ya Rasullah?”.


Beliau kemudian menjawab, “ Dahak yang ada dimasjid dan ditutupinya dengan tanah atau menyingkirkan sesuatu gangguan dari tengah jalan (itu berarti sedekah). Maka sekiranya tidak mampu cukuplah diganti dengan mengerjakan 2 rakaat shalat Dhuha,” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Apa yang akan dilakukan bila tidak ada 2 rakaat shalat Dhuha? Bagaimana mesti bersedekah untuk 360 ruas tulang yang kita miliki? Pastinya itu memberatkan apabila kita bersedekah sebanyak itu setiap harinya. Belum lagi apabila kita tidak tertib. Tiga hari saja tidak bersedekah sudah menuggak banyak, namun Allah maha Pengasih dan maha Penyayang, dua rakaat shalat Dhuha sudah bisa menggantikannya.

Sedekah adalah ibadah yang bernilai pahala. 360 kali sedekah berati sebanyak itu pula kita mendapat pahala. Belum lagi bila Allah melipat gandakan sesuai janji-janjinya. Bila 360 kali sedekah itu sudah bisa digantikan leh 2 rakaat shalat Dhuha, betapa kaya para pelakunya. Ya, mereka yang sudah melakukan shalat Dhha 2 daraak bisa disebut sebagai manusia paling kaya. Pasalnya  setiap hari ia laksana bersedekah 360 kali. Siapa yang mampu bersedekah sebanyak itu kalau bukan orang kaya?
Subhanallah...

Betapa menggiurkan pahala Dhuha itu. Sempatkanlah walau sekedar dua rakaat yang  bisa kita lakukan. Hanya butuh antara 5 sampai 10 menit saja. Semisal sebelum berangkat ke seklah, ke kampus maupun ketempat kerja. Atau jika tidak memungkinkan di sela-sela pekerjaan, kita bisa meminta izin untuk menunaikannya.

Menjadi manusia paling kaya. Konsep ini akan menjadi sangat indah bila dimaknai secara sempurna. Manusia paling kaya bukanlah manusia yang paling banyak hartanya. Manusia paling kaya adalah manusia yang paling banyak sedekahnya.
Wallahu a’lam.

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.