Latest News

Kisah Sahabat Umar Yang Lucu & Mengharukan



Suatu ketika Rasululloh Saw berkumpul dengan para Sahabatnya, beliau bertanya kepada para sahabatnya,
“Siapa diantara kalian yang bisa membuat aku tertawa “? Saya Ya rosul jawab Umar bin khotob. 

Kemudian Sahabat Umar pun memulai ceritanya.” Dahulu sebelum aku mengenal Islam ,aku pernah Membuat Patung berhala dari Manisan , sewaktu aku lapar aku memakan berhala tersebut mulai dari kepalanya, terus tangannya hingga habis tak tersisa.” Mendengar cerita Umar Rosululloh Saw Tertawa hingga kelihatan gigi grahamnya,
Beliaupun bersabda” Dimana akal kalian waktu Itu ?” Umar Menjawab “Akal kami memang Jenius tapi waktu itu yang menciptakan alam menyesatkan kami”

Lalu Rasululloh berkata kepada Umar” Ceritakan kepadaku Hal yang membuat aku menangis ?"
Umarpun memulai ceritanya ” Dahulu aku punya seorang anak perempuan, aku ajak anak tersebut kesuatu tempat, Tiba ditempat yang aku tuju aku mulai menggali sebuah lubang, setiap kali tanah yang aku gali mengenai bajuku ,maka anak perempuanku membersihkannya. Padahal dia tidak mengetahuinya seseungguhnya lubang yang aku gali adalah untuk menguburnya hidup-hidup untuk persembahan berhala. Setelah selesai menggali lubang aku kubur anak perempuanku hidup-hidup.

Mendengar cerita itu Meneteslah air mata Rasululloh Saw begitupun dengan Umar menyesali perbuatan Jahiliyyahnya sebelum dia mengenal Islam.

Begitulah sekelumit cerita Umar bin khotob sebelum dia Mengenal Nabi Muhammad SAW , Umar terkenal sangat sadis dan kejam kepada siapa saja, begitu mengenal Rosululloh SAW hatinya luluh dan menjadi orang yang sangat sabar dan tawadhu.

Ditulis pada KISAH ROSULULLOH SAW

Hikmah :
- Masa lalu yang kelam tidak perlu menjadi kendala atau halangan untuk menjadi yang lebih baik. Sahabat Umar ra, dengan masa lalu jahiliyah yang begitu sadis & kejam, telah menjadi sahabat Rasul saw yang sangat patuh, displin, jujur & amanah.
- Sahabat Umar ra, dari yang di takuti kaum muslimin pada saat itu, memutarbalik menjadi yang di takuti kaum kafir, setelah memeluk Islam. Diceritakan, syetan pun menjadi takut ketika mendengar terompah Umar ra.
Dalam bahasa sederhana, Umar ra menebus kesalahan di masa lalunya.

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.