Latest News

Dauroh Pemandu Kampus

                    


Alhamdulillah, kegiatan Daurah Pemandu Kampus atau Daurah Murabbi berhasil dilaksanakan, tepatnya di hari Ahad 4 Mei 2015 bertempat di Islamic Center Al-Muhtadin, Seturan, Yogyakarta. Pujian selalu terungkap untuk Allah SWT yang telah memberikan kemudahan-kemudahan sebelum dan selama kegiatan tersebut berlangsung. Syukran untuk semua ikhwah yang terlibat, baik pemateri, panitia maupun peserta.

Daurah Murabbi yang telah diadakan ini adalah hasil kerjasama antara lembaga dakwah Kampus yang ada di INSTIPER yaitu UKMI JNI dengan lembaga dakwah Kampus Universitas Sanata Dharma . Adapun urgensi kegiatan adalah agar setiap kader dakwah, khususnya yang berada di kampus masing-masing memiliki kesiapan untuk membina halaqah khususnya dalam membina anggota tarbiyah. Hal yang dikupas dalam acara ini yaitu tentang Profil Murabbi, serta kiat-kiat bagaimana cara mengikat hati para mutarabbi. Meski dilaksanakan di dalam ruangan, tetapi acara dapat berlangsung dengan sukses, tidak membosankan dengan materi dan pemateri yang menarik.

Pada sesi yang pertama, para peserta DM di suguhkan sebuah film yang sangat menarik dan dapat memotifasi yaitu “Sang Murabbi”. Sang Murabbi adalah film biografi tahun 2008 yang menceritakan kehidupan Almarhum KH Rahmat Abdullah (1953-2005). Film ini disutradarai oleh Zul Ardhia. Di sepanjang film, banyak dijumpai dokumentasi tentang Rahmat Abdullah. Setelah menonton film tersebut para peserta DM kemudian melakukan diskusi yang dibagi beberapa kelompok. Diskusi ini membahas tentang Profil seorang murabbi berdasarkan film, seperti siapa itu murabbi? Bagaimana karakteristik murabbi? Tugas dan tanggung jawab murabbi serta bagaimana hubungan antara murabbi dan dakwah islam. Saat diskusi para peserta sangat antusias untuk menyampaikan pendapat mereka. Sebuah pesan yang sangat menarik yaitu “kader yang tulus dan bersemangat tinggi pasti memiliki pemikiran dan wawasan yang luas serta mulia, manusia yang memiliki akal pasti bisa mengerti tentang berharganya cincin berlian, tetapi anjing yang berada di pekat cincin berlian tidak akan pernah bisa mengapresiasikan cincin berlian, dia akan berlari mengejar tulang dan mencari tempat untuk memuaskan kerakusannya”, itulah yang diharapkan untuk semua calon murabbi.


Pada sesi yang kedua tentang “Membangun Hubungan dengan Binaan (Mutaufiq), ustadz Abdurrahman selaku pemateri menjelaskan materi dengan sangat terperinci. Murrabi itu memeliki beberapa fungsi yaitu sebagai orang tua yang mempuyai hubungan kasih sayang menenangkan kegelisahan dan yang penting bagaimana murabbi ini mengerti dan paham apa yang dibutuhkan para binaanya. Kedua sebagai syekh, seorang murabbi ini harus bisa menjadi guru spiritual baik itu dari segi emosionalnya maupun rukhyahnya. Murabbi juga memiliki fungsi sebagai ustad dimana murabbi harus bisa menjadi seorang guru dengan keilmuannya, memiliki pengalaman yang luas, membimbing serta memiliki rasa ingin untuk meningkatkan cara berpikir yang baik. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa murabbi juga sebagai pemimpin yang dapat mengambil kebijakan dalam sebuah halaqah.  karena setiap mutarabbi itu memiliki potensi, maka tugas seorang murabbi adalah mencari potensi dalam diri mutarabbi, memberikan kerja dakwah yang sesuai dengan dirinya sehingga mutarabbi dapat berdaya guna dalam tarbiyah.

Ala kulli hal, Daurah Murabbi ini diharapkan juga dapat dilakukan secara bersambungan dan berjenjang mengingat masih banyak materi relevan dan urgent seputar Murabbi dan Halaqah. Materi yang didapatkan selama kegiatan tersebut dirasa sangat cukup menjadi bekal bagi seorang calon murabbi maupun murabbi. Seperti tercharge kembali semangat kita untuk memulai menjadi murabbi maupun menjadi murabbi yang semakin produktif. Evaluasi diri sudah sejauhmana perjalanan kita menjadi seorang murabbi menjadi hal yang penting. Mari saling mengingatkan untuk terus membina dan semakin berkontribusi bagi dakwah. Semangat Murabbi, Allahu Akbar!wallahu’alam. 

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.