Latest News

Rihlah Tadabur Alam


Rihlah adalah Hajatun Basyariah (kebutuhan) karena sebagai manusia kita membutuhkan refreshment baik terhadap jiwa maupun tubuh, refreshment inilah yang disebut rihlah atau rekreasi. Rihlah juga cara yang efektif untuk menghemat biaya pengobatan, dan jangan bakhil untuk rihlah karena biaya yang kita keluarkan untuk rihlah adalah salah satu investasi jangka panjang untuk memelihara kesehatan sambil melihat kebesaran Allah bertambahlah keimanan kita.

Rihlah merupakan salah satu agenda bidang kaderisasi UKMI-JNI. Rihlah tadabur alam dilaksanakan pada Minggu, 10 Mei 2015 di Gunung Api Purba Gunung Kidul, Yogyakarta. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti rihlah ini.Adapun tujuan dari rihlah ini adalah untuk mengetahui betapa indahnya ciptaan Allah SWT dan mempertebal rasa keimanan para kader UKMI-JNI. Dari maksud tersebut, para kader akan mendapatkan nilai plus pada rihlah. Jadi bukan hanya kesenangan saja yang didapat dari rihlah itu tetapi pahala atau ganjaran dari Allah SWT juga akan diraih.

Dasar mengapa UKMI JNI mengadakan rihlah di Gunung adalah mengetahui fungsi  geologis penting dari gunung, dan ternyata hal ini ada di dalam Al-Quran :
"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka..." (Al Qur'an, 21:31)
Sebagaimana terlihat, dinyatakan dalam ayat tersebut bahwa gunung-gunung berfungsi mencegah goncangan di permukaan bumi. Kenyataan ini tidaklah diketahui oleh siapapun di masa ketika Al Qur’an diturunkan. Nyatanya, hal ini baru saja terungkap sebagai hasil penemuan geologi modern. Subbahanallah...

Tidak hanya itu, banyak keuntungan yang didapatkan dari rihlah ini diantaranya dari segi Kesehatan jasmani, Rihlah bagi seorang muslim bukanlah berorientasi berhura-hura untuk menyenangkan hati belaka. Tetapi rihlah adalah salah satu kiat kita dalam menjaga kesehatan, dan memelihara jasmani agar bisa menjadi seorang muslim yang kuat. Setelah badan segar, maka diharapkan para kader dapat melanjutkan pekerjaannya dengan kondisi yang lebih baik, sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan ihsan. Kedua, Keuntungan terhadap lingkungan dan hubungan antar pribadi. Rihlah bersama rekan kader pula akan meningkatkan hubungan silaturahmi. Dengan saling membantu dalam perjalanan, tentu akan lebih meningkatkan rasa kerja sama dan ukhuwah di antara para kader UKMI JNI

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.