Latest News

Yuk Berbuat Baik, Fastabikhul Khoirot


“Dan bagi setiap orang ada memiliki arah yang dituju ke arah mana dia menghadapkan wajahnya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” ( Q.S Al Baqarah : 148 )
Berdasar dari Firman Allah diatas, kita diperintahkan untuk berlomba dalam berbuat kebaikan, dimana saja, kapan saja. Sama halnya ketika kita sedang belajar di kampus, kita dapat terus berbuat kebaikan kepada teman kita, guru kita dan orang orang disekitar kita.
Mulai dari ketika bangun pagi, kita berpagi pagi dalam mandi, sebelum subuh agar kita tidak mengganggu kawan kita yang mungkin bangunnya lebih siang, agar mempercepat kawan kita untuk mempersiapkan kuliah. Kita membersihkan sampah didepan kamar kos kita dan sekaligus dengan kamar kos teman kita. 
Selanjutnya, kita melaksanakan subuh berjamaah, mempersiapkan makan, memasak nasi dan sebagainya. Kemudian memberikan tumpangan kepada sahabat kita, senyum dan menyapa tetangga kita. 
Sesampai dikampus, kita mampir di masjid, sholat dhuha terlebih dahulu, berdoa agar diberi kelancaran dalam belajar, memohon agar diberikan ilmu yang bermanfaat. Selanjutnya, kita bisa mempersiapkan hal hal yang kecil, permen misalnya, kita berikan kepada teman kita, sedekah.
Ketika dikelas, usahakan kita persiapkan semua peralatan tulis menulis kita, penghapus, pena, penggaris dan sebagainya, usahakan melebihkan pena kita (stok pena 5), barang kali teman kita tertinggal penanya sehingga memerlukan pena untuk menulis, nah saat itu kita bisa meminjami mereka. 
Ketika bertemu dengan Dosen, ciumlah tangannya sebagai tanda hormat kita kepadanya, lalu berusahalah untuk terus memperhatikan dengan antusias setiap penjelasan yang beliau utarakan meskipun itu tidak kamu sukai, berusahalah untuk menghargai beliau. Ketika selesai kuliah, bawakan barang barang beliau (terkadang banyak membawa buku, laptop dan sebagainya) sebagai tanda takdim kita kepada beliau. 
Ketika melihat sampah atau kotoran di jalan atau lorong (ditempat yang tidak semestinya) kutiplah, niatkan untuk memudahkan bapak karyawan cleaning servis kampus.  Jagalah setiap kata katamu, agar selalu berkata jujur, dan selalu waspada agar tidak terucap kata yang menyakiti sahabat atau orang disekitar kita.
Mungkin masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk kebaikan, meskipun itu sepele, meskipun itu kecil namun bisa jadi kebaikan kebaikan kecil itu yang menolong kita di akhir nanti.

Semoga kita selalu diringankan untuk berbuat baik dan dijauhkan dari segala perbuatan maksiat.

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.