Latest News

Bayi Baru Lahir Harus Menangis, Kenapa?

Bayi Baru Lahir Harus Menangis
Namun, bayi yang baru lahir justru berekspresi sebaliknya. Seringkali bayi menangis begitu lahir ke dunia. Mengapa demikian?



KELAHIRAN seorang bayi, tentu merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi sebuah keluarga—khususnya ibu dan ayah. Kebahagiaan seringkali ditandai dengan rasa syukur juga ekspresi senyum ataupun tawa.
Namun, bayi yang baru lahir justru berekspresi sebaliknya. Seringkali bayi menangis begitu lahir ke dunia. Mengapa demikian?
Sebagaimana dikutip dari inspiradata.com, Selama di dalam kandungan bayi hidup dalam lingkungan yang berair. Disana terdapat jalan yang menghubungkan jantung dan paru-paru untuk membantu bayi mendapatkan nutrisi dari darah ibu. Ketika baru dilahirkan, bayi mengambil napas untuk pertama kalinya melalui perubahan peredaran darah. Kondisi menangis membantu membuka sirkulasi untuk mengirim oksigen melalui paru-paru.
Tangisan pada bayi tersebut membantu membuka paru-parunya agar bisa menghirup oksigen. Dan tepukan pelan di bagian belakang tubuh bayi berguna untuk mendorong bayi agar melakukan pernafasan udara. Selain itu, menangis juga merupakan salah satu cara bayi berkomunikasi.
Dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry, para peneliti menggambarkan peneliti menggunakan scan MRI fungsional untuk melihat reaksi dari 12 perempuan setelah mendengar bayinya pertama kali menangis selama 30 detik.
Hasil scan menunjukkan bahwa tangisan bayi tersebut mampu mengatur aktivitas di berbagai daerah otak ibu yang salah satunya adalah amigdala, yaitu bagian yang berperan dalam mengatur emosi ibu.
Selain membantu bayi dalam pernapasan dengan menggunakan paru-parunya, menangis saat dilahirkan juga membantu aktivitas dari anggota tubuh bayi itu sendiri. Karena saat menangis secara otomatis bayi tersebut akan bergerak.
Jadi, kondisi bayi yang menangis saat dilahirkan tersebut merupakan kondisi yang normal. Hal itu menunjukkan bahwa fungsi tubuh bayi berjalan dengan baik. Dengan kata lain, tangisan tersebut merupakan proses adaptasi si bayi dengan dunia barunya di luar rahim ibu. Mungkin tangisan tersebut pun menjadi ekpresi kebahagiaan bayi bahwa dirinya siap memulai kehidupannya di dunia. [](sumber : "islampos")

UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah) Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI (Merajut Ukhuwah Menuju Satu Jama'ah). All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.