Latest News

Jangan Takut Untuk Hijrah



Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Hadist riwayat At Tirmidzi “Semua anak manusia pasti berbuat salah, namun sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang bertaubat”.
Islam adalah agama yang sangat indah, karena islam melihat kita yang sekarang bukan masa lalu kita. Banyak dari kita yang pada masa lalu sering melakukan maksiat, hal-hal yang tidak berguna, membuang waktu,durhaka kepada orang tua dan mendzalimi orang lain.  Namun tidak ada kata terlambat bagi kita untuk bertaubat kepada Allah SWT. Maka apakah yang membuat diri kita malas dan malu untuk berhijrah dan memohon ampun kepadanya. Banyak orang yang menanyakan kenapa harus berhijrah?? Kan masih muda, nikmati dulu masa-masa muda. Inilah kata-kata yang sering keluar dari orang yang tidak mau untuk berhijrah. Kata-kata ini juga yang membuat kita lalai, seolah kita akan berumur panjang dan masih banyak waktu untuk bertaubat. Semua yang bernyawa pasti akan menemui yang namanya kematian dan itu pasti akan kita rasakan. Kita tidak akan bisa lari dari yang namanya kematian.
Sahabat sekalian, yang harus kita tahu adalah kematian syaratnya tidak harus tua dan tidak harus sakit. Sudah banyak sebenarnya contoh yang bisa kita lihat di sekeliling kita. Bak kata pepatah melayu, “kelapa jatuh, mumbangpun ikut jatuh”. Mumbang disini maksudnya adalah kelapa yang masih sangat muda. Begitu jugalah manusia, tidak harus tua, yang muda yang kecilpun bisa meninggal. Oleh karena itu yang bisa kita lakukan sekarang adalah berhijrah, berpindah atau berubah dari yang dahulunya tidak baik menjadi lebih baik. Belajar dari para sahabat, orang yang hampir membunuh Rasulullah saja, sekarang makamnya bersebelahan dengan makam Rasulullah. Dialah Umar bin Khattab.
Tidak ada kata terlambat untuk berhijrah. Selagi Allah SWT masih memberikan nikmat kehidupan ini, maka cara kita bersyukur adalah dengan melakukan hal-hal yang baik, terus beribadah dan memuhasabah diri kita. Karena banyak orang yang lulus apabila diberi ujian kesusahan namun gagal apabila diberi ujian kesenangan oleh Allah SWT. Tak peduli selambat apa engkau berproses , sekalipun engkau bergerah selayaknya siput, itu jauh lebuh baik dan lebih disukai Allah SWT.
Rasulullah bersabda, “amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walapun sedikit” (HR. Muslim). Hijrah adalah kumpulan suka duka, ceria tawa,tangisan gerimis dan manis pahit yang Allah rangkum dalam setiap perjalanan hambanya yang memilih keputusan besar untuk “HIJRAH”. Tidak peduli selambat apa engkau berproses, itu jauh lebi baik dari pada engkau terus diam dan terlena dalam kemaksiatan. Jangan risau dengan cemoohan, jangan letih karena ditinggalkan kawan. Ujian kita belum seberat kisah Bilal bin rabbah yang disiksa ditengah gurun dan ditindih dadanya dengan batu besar ditengah panas yang sangat terik.
Wahai saudaraku, ujian kita masih seujung kuku. Belum ada apa-apanya. Maka apakah kita akan menyerah dengan semua ujian ini. Masak Cuma segini??? Jangan bosan untuk menasehati dan mengajak saudara kita yang lain.  Jalan ini adalah jalan yang panjang, penuh dengan rintangan, banyak cacian dan godaan. Kita tidak dituntut untuk sampai diujung jalan ini, kita hanya perlu tetap berada dijalan ini sampai akhirnya kita kembali, kembali pada yang menguasi hati, langit dan bumi.
#TM

Penulis : Tomi Mulyadi (Kabid Minbat)



UKMI-JNI Designed by Templateism.com Copyright © UKMI-JNI. All rights reserved.

Diberdayakan oleh Blogger.